Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati


Selamat Pagi sahabat Notetravelling ...

Apa kabar sahabat? Semoga selalu sehat dan ceria ya ...

Jika mendengar kata Cianjur, pasti sudah tidak asing lagi kan ya? Cianjur pertama kali didirikan oleh Aria Wirata Nudatar dalam legenda masyarakat Cianjur, Kanjeng Dalem Aria wiratnudatar ini adalah Dalem (Bupati) petama sekaligus juga sebagai penyebar Agama Islam di Cianjur. Cianjur adalah sebuah kota yang ada di provinsi Jawa Barat.Cianjur memiliki tempat-tempat wisata yang bersejarah dan tentunya menarik sekali untuk kita kunjungi.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja tempat-tempat wisata yang ada di Cianjur, disinilah mimin akan membagikan informasi tersebut. Cianjur terkenal dengan suhu udaranya yang cukup sejuk, banyak pemandangan indah yang bisa kita lihat dari kota Cianjur. Jadi buat mimin, jika ingin berlibur dengan suasananya yang sejuk dan indah, datang saja ke Cianjur. Banyak tempat-tempat wisata yang menarik dan akan menjadi pengalaman Anda yang tak terlupakan.


1. Air Terjun/Curug Cibeureum
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Air terjun/curug cibeureum ini merupakan tempat wisata di Cianjur yang memikat hati. Air terjun Cibeureum ini bisa kita ketemui di daerah Cibodas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 M dan terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Lokasi tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Cibodas atau tepatnya berada di Desa Sindang Laya, Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug Cibereum terdiri dari 3 buah air terjun. Yaitu, air terjun utama Curug Cibeureum, dan dua air terjun yang lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Debit air terjun cibeureum ini cukup deras, dan airnya nampak jernih sekali.

2. Puncak Gunung Gede
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Bagi Anda yang ingin berlibur sambil merasakan pengalaman yang cukup mendebarkan dan menyukai tantangan, mungkin berwisata ke Puncak Gunung Gede adalah pilihan yang tepat. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m.dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

3. Waduk Tirta Jangari
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata Waduk Tirta Jangari juga merupakan tempat wisata di Cianjur yang memikat hati. Waduk Tirta Jangari berlokasi di desa Bobojong Kec. Mande, berjarak 17 km dari Kota Cianjur. Tirta Jangari merupakan bagian dari Waduk Cirata yang membendung Sungai Citarum. Waduk Cirata menggenangi tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung. Tempat wisata ini menawarkan wisata alam mulai dari sekedar melihat bendungan, melihat aktivitas warga setempat di jaring terapung, berkeliling danau dengan perahu hingga melakukan kegiatan memancing. Selain bisa melihat jaring terapung dan budidaya ikan, disini Anda juga bisa mencoba menikmati hidangan berupa ikan bakar oleh sebuah rumah makan terapung.

4. Alun-alun Suryakencana - Gunung Gede
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata di Cianjur yang memikat hati selanjutnya adalah Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Bagi Anda pecinta bunga edelweiss ini, mungkin tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas. Musim kunjungan terbaik yaitu mulai bulan Juni s/d September. Nah untuk mencapai lokasi taman nasional Gunung Gede anda bisa melalui rute melalui Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km), dan Bogor-Selabintana dengan waktu 2 jam (52 km).

5. Situs Gunung Padang
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata di Cianjur yang memikat hati ini bernama Situs Gunung Padang. Situs Gunung Padang merupakan sebuah situs megalitik yang berbentuk punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Luas dari bangunan purbakalanya mencapai 900 m2 dengan luas areal situs sekitar 3 hektar. Balok-balok batu berserakan di mana-mana, berpusat di gunung yang berusia sangat tua sekali. Tidak hanya di sana tetapi juga di pesawahan, di sekitar rumah-rumah penduduk, bahkan diperkirakan masih tak terhitung jumlahnya tertanam di bawah bukit dan tanahnya yang amat subur. Lokasi situs ini berada di ketinggian 885 m dpl.

6. Curug Citambur
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Salah satu wisata air terjun atau curug yang berada di Kabupaten Cianjur ini menyajikan panorama yang menyenangkan. Curug ini sangatlah indah karena merupakan air terjun kurang lebih 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi di sekitar curug terasa sejuk. Curug Citambur berada di Kecamatan Pasirkuda. Jaraknya sekitar 65 km dari kota Cianjur. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan yang menyenangkan, silahkan kunjungi Curug Citambur yang ada di Cianjur.

7. Danau Leuwi Soro
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata di Cianjur yang memikat hati selanjutnya adalah Danau Leuwi Soro. Danau Leuwi Soro adalah sebuah danau dengan air yang bening dan pepohonan rindang dan indah yang memenuhi sekeliling area danau. Danau ini merupakan tempat yang tepat untuk berekreasi serta menghilangkan kepenatan dari segala rutinitas sehari-hari. Danau Leuwi Soro terletak di kec. Pagelara, berjarak lebih kurang sekitar 66 km dari pusat kota Cianjur.

8. Pantai Jayanti
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Pantai Jayanti menjadi salah satu pantai favorit dan populer di daerah Cianjur. Pantai Jayanti memiliki keindahan yang menawan dan menarik sekali untuk kita kunjungi, pantai ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang serta pelabuhan nelayan. Pantai ini masih sangat alami atau natural dengan ombak yang indah dan tiupan angin yang perlahan-lahan dapat menambah nyamannya suasana ketika sedang berekreasi di pantai Jayanti. Lokasinya berada di kecamatan Cidaun yang berjarak sekitar 140 km dari Kota Cianjur.

9. Curug Cikondang
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata selanjutnya adalah Curug Cikondang. Akses untuk menuju lokasi Curug Cikondang memang cukup sulit, namun panorama yang disuguhkan sungguh menawan. Curug Cikondang berada di Desa Sukadana, Kec. Cempaka, Kab. Cianjur, provinsi Jawa Barat. Curug Cikondang memiliki ketinggian hingga 50 meter yang terbentuk dikarenakan adanya tumpahan sungai yang jatuh dari tebing besar. Secara garis besar Curug ini nampaklah indah, namun masih perlu pengelolaan yang lebih baik lagi dan akses untuk menuju ke lokasi wisata ini harus diperbaiki sehingga wisatawan tidak merasa kecewa untuk menuju ke Curug Cikondang karena akses jalannya yang masih kurang bagus.

10. Arung Jeram Sungai Cikundul
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Arung jeram di Sungai Cikundul merupakan salah satu tempat wisata yang memikat hati sekaligus menjadi andalan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, juga letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cianjur, bahkan merupakan lintasan jalur antar propinsi sehingga dekat dengan Jakarta, Bogor, dan Bandung. Kegiatan rafting (arung jeram) di sungai ini memiliki jalur sepanjang 7 kilometer. Disepanjang Sungai Cikundul ini terdapat beberapa lokasi wisata yang dikelolah dengan serius oleh Dinas Pariwisata setempat, sebut saja seperti: jalur wisata off-road, wisata Religi Dalem Cikundul, wisata Waduk Cirata dan Danau Jangari. Pesona alam disepanjang Sungai Cikundul ini ditumbuhi dengan pohon-pohonnya yang menjulang tinggi, lingkungan yang asri, ditambah hiruk pikuknya arus sungai nan jernih, semakin membuat pengunjung betah berlama-lama.

11. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur
 
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Wisata selanjutnya yang tidak kalah memikat hati adalah The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur. Ada berbagai macam permainan yang tersedia, antara lain yaitu Waterball, Boat Lagoon, ATV, Trampoline, Menunggang Kuda, dan Flying Fox. Untuk dapat menikmati semua permainan dan fasilitas yang ada disana bisa Anda temui di Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kec. Cianjur, Jawa Barat 43251 dengan nomor telepon : (0263)264444.

12. Wana Wisata Mandalawangi
TEMPAT WISATA DI CIANJUR YANG MEMIKAT HATI

Wana Wisata Mandalawangi juga menarik untuk kita kunjungi dan menjadi salah satu tempat wisata di Cianjur yang memikat hati para wisatawan yang berdatangan. Lokasi wana wisata ini memiliki luas sekitar 39,5 ha di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, 25 km dari Kota Cianjur, dengan ketinggian 1000 m dpl dan suhu udara rata-rata 18 – 20 C, dengan koleksi bermacam flora dan fauna yang bisa Anda temui.

13. Kebun Raya Cibodas
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Keindahan kebun raya cibodas akan membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama. Berwisata dengan keluarga di Kebun raya Cibodas memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Lokasi kebun raya ini berada di desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Berjarak sekitar 86 km dari Jakarta. Sekitar 90 menit perjalnaan jika melewati jalan raya Bogor - Puncak - Cianjur. Dari pinggiran jalan raya masih harus berjalan kaki atau dapat juga naik kendaraan kurang lebih sekitar 4 km lagi untuk tiba di Kebun Raya Cibodas. Hawa di Kebun raya Cibodas sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.500 m DPL, sekitar 18 derajat celcius.

14. Taman Bunga Nusantara
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Tempat wisata memikat hati lainnya adalah Taman Bunga Nusantara. Anda bisa menemukan beraneka macam Bunga dengan aneka warna dan bentuk. Lokasi Taman Bunga Nusantara ini berjarak sekitar 100 km dari Jakarta dan sekitar 90 km dari Bandung. Taman Bunga ini mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh penjuru dunia. Taman Bunga Nusantara terletak di sisi jalur menuju Puncak, Bogor yakni tepatnya berada di Desa Kawung Luwuk, Kec. Sukaresmi (Cipanas), Kabupaten Cianjur. Selain bisa menjumpai taman bunga yang luasnya 23 hektar, juga terdapat tempat rekreasi, restoran, parkir dan lainnya.

15. Wisata Fantasi Kota Bunga
Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati

Wisata Fantasi Kota Bunga terdapat di Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, berupa arena bermain anak & keluarga. Arena Fantasi adalah wahana bermain untuk anak-anak, berbagai permainan terdapat didalamnya seperti : Bumper car, Rio Grande/kereta mini, jet fighter, antique car, bumper boat, venture river, tic-tac wheel, dll. Buka setiap hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur dari Pukul 08.00 s/d Pukul 18.00. Harga tiket masuk sekitar Rp. 25.000,- tanpa permainan (usia >2 th bayar penuh) dan Harga tiket terusannya sekitar Rp. 40.000,- (tiket masuk dan 11 permainan sepuasnya).


Nah sahabat notetravelling, itulah daftar Tempat Wisata di Cianjur yang Memikat Hati dan tentunya wajib untuk Anda kunjungi. Semoga informasi diatas mengenai tempat wisata cianjur dapat bermanfaat dan menjadi referensi tempat wisata berlibur Anda selanjutnya.



Thank You,

Salam Blogger :)











Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKIT GRONGGONG + Restaurant Klapa Manis : Tempat Wisata Paling Romantis di Cirebon

Tempat Penginapan di Bekasi Yang Bagus dan Murah

Penginapan di Anyer dari Harga Termurah Sampai Termahal